Apakah Aman Melakukan Operasi Amandel?

penyakit amandel

Amankah operasi amandel? Untuk menjawab pertanyaan ini anda harus membaca beberapa informasi di bawah ini terlebih dahulu. Operasi amandel merupakan upaya pengangkatan amandel lewat jalan pembedahan. Dalam operasi amandel, pengangkatan tidak dilakukan seutuhnya. Prinsipnya hanyalah untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada amandel. Tentu tindakan operasi harus disesuaikan dengan tingkat keparahan peradangan itu sendiri. Amandel sendiri adalah bagian dari tenggorokan yang berfungsi sebagai pertahanan awal tubuh untuk mengatasi serangan virus dan bakteri. Jumlah virus dan bakteri yang terlalu banyak akan menyebabkan peradangan pada amandel. Ketika peradangan yang terjadi sudah terlalu besar hingga menyumbat saluran tenggorokan harus dilakukan tindakan pembedahan.

Keamanan Operasi Amandel

Jika anda bertanya, amankah operasi amandel? Semuanya kembali lagi kepada tenaga medis yang dipilih. Operasi amandel sebenarnya menjadi pilihan terakhir bagi para dokter karena amandel sendiri memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Meskipun tidak termasuk tindakan operasi besar, tetapi operasi amandel sendiri tetap memiliki resikonya. Salah satu resiko operasi amandel adalah pendarahan pasca operasi. Bagian amandel yang dibedah tergolong saluran yang basah dan dilewati oleh makanan serta minuman yang akan menuju lambung. Tindakan pembedahan sudah pasti akan menimbulkan pendarahan kecil pada bagian yang dibedah. Pendarahan bisa menjadi semakin parah dan menyebabkan penderita muntah darah. Walaupun jarang terjadi, namun pendarahan tersebut bisa jadi resiko yang terjadi setelah pengangkatan amandel.

Selain pendarahan, masih ada lagi resiko dari operasi amandel. Pembedahan yang dilakukan akan meninggalkan luka sayatan pada lokasi amandel sebelumnya. Sayatan tersebut sangat rentan menyentuh kelenjar yang terbuka apalagi saluran tenggorokan termasuk basah karena lendir. Masuknya makanan dan udara ke dalam tenggorokan dan faring, akan melalui luka sayatan tersebut. Kemungkinan akan menempel pada luka sayatan dan menyebabkan infeksi. Dampaknya, seluruh badan akan terasa nyeri diiringi sakit kepala dan demam yang tinggi. Tetapi kembali lagi soal amankah operasi amandel, masih bisa disebut aman jika perawatan pasca operasi dilakukan dengan tepat.

Pasca operasi pasien juga biasanya merasakan hal yang tidak nyaman akibat bekas luka yang ada di pangkal tenggorokan. Perasaan tidak enak atau risih ini muncul karena ada sesuatu yang berubah pada tenggorokan penderita. Namun kondisi ini hanya terjadi ketika proses pengeringan luka bekas pembedahan tersebut. Setelah sembuh, pasien akan mulai terbiasa maka dengan sendirinya perasaan tersebut akan hilang. Karena amandel berada di posisi saluran THT, maka pembedahan yang dilakukan juga akan menimbulkan efek rasa sakit pada saluran THT lainnya, terutama telinga. Telingan penderita akan merasakan nyeri dan bisa mengganggu daya pendengaran. Demikianlah beberapa informasi mengenai operasi amandel. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda mengenai amankah operasi amandel.

Sumber : www.everydayhealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *