Apakah Aman Melakukan Operasi Amandel?

penyakit amandel

Amankah operasi amandel? Untuk menjawab pertanyaan ini anda harus membaca beberapa informasi di bawah ini terlebih dahulu. Operasi amandel merupakan upaya pengangkatan amandel lewat jalan pembedahan. Dalam operasi amandel, pengangkatan tidak dilakukan seutuhnya. Prinsipnya hanyalah untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada amandel. Tentu tindakan operasi harus disesuaikan dengan tingkat keparahan peradangan itu sendiri. Amandel sendiri adalah bagian dari tenggorokan yang berfungsi sebagai pertahanan awal tubuh untuk mengatasi serangan virus dan bakteri. Jumlah virus dan bakteri yang terlalu banyak akan menyebabkan peradangan pada amandel. Ketika peradangan yang terjadi sudah terlalu besar hingga menyumbat saluran tenggorokan harus dilakukan tindakan pembedahan.

Keamanan Operasi Amandel

Jika anda bertanya, amankah operasi amandel? Semuanya kembali lagi kepada tenaga medis yang dipilih. Operasi amandel sebenarnya menjadi pilihan terakhir bagi para dokter karena amandel sendiri memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Meskipun tidak termasuk tindakan operasi besar, tetapi operasi amandel sendiri tetap memiliki resikonya. Salah satu resiko operasi amandel adalah pendarahan pasca operasi. Bagian amandel yang dibedah tergolong saluran yang basah dan dilewati oleh makanan serta minuman yang akan menuju lambung. Tindakan pembedahan sudah pasti akan menimbulkan pendarahan kecil pada bagian yang dibedah. Pendarahan bisa menjadi semakin parah dan menyebabkan penderita muntah darah. Walaupun jarang terjadi, namun pendarahan tersebut bisa jadi resiko yang terjadi setelah pengangkatan amandel.

Selain pendarahan, masih ada lagi resiko dari operasi amandel. Pembedahan yang dilakukan akan meninggalkan luka sayatan pada lokasi amandel sebelumnya. Sayatan tersebut sangat rentan menyentuh kelenjar yang terbuka apalagi saluran tenggorokan termasuk basah karena lendir. Masuknya makanan dan udara ke dalam tenggorokan dan faring, akan melalui luka sayatan tersebut. Kemungkinan akan menempel pada luka sayatan dan menyebabkan infeksi. Dampaknya, seluruh badan akan terasa nyeri diiringi sakit kepala dan demam yang tinggi. Tetapi kembali lagi soal amankah operasi amandel, masih bisa disebut aman jika perawatan pasca operasi dilakukan dengan tepat.

Pasca operasi pasien juga biasanya merasakan hal yang tidak nyaman akibat bekas luka yang ada di pangkal tenggorokan. Perasaan tidak enak atau risih ini muncul karena ada sesuatu yang berubah pada tenggorokan penderita. Namun kondisi ini hanya terjadi ketika proses pengeringan luka bekas pembedahan tersebut. Setelah sembuh, pasien akan mulai terbiasa maka dengan sendirinya perasaan tersebut akan hilang. Karena amandel berada di posisi saluran THT, maka pembedahan yang dilakukan juga akan menimbulkan efek rasa sakit pada saluran THT lainnya, terutama telinga. Telingan penderita akan merasakan nyeri dan bisa mengganggu daya pendengaran. Demikianlah beberapa informasi mengenai operasi amandel. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda mengenai amankah operasi amandel.

Sumber : www.everydayhealth.com

7 Komplikasi Berbahaya Asam Urat Yang Tidak Disadari

Komplikasi akibat asam urat

Komplikasi akibat asam urat

Siapa sangka penyakit sejuta umat yang dianggap tidak berbahaya ini ternyata memiliki potensi yang membahayakan bagi kesehatan penderitanya? Memang banyak orang yang menganggap remeh nyeri asam urat adalah hal yang lumrah padahal itu merupakan pertanda atas reaksi tubuh yang membutuhkan perawatan dan penanganan yang tepat sebelum terjadi komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya. Penyakit ini merupakan suatu kondisi terjadinya penumpukan zat asam urat pada persendian yang menyebabkan radang dan rasa nyeri karena ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kelebihan zat asam urat yang berasal dari makanan tinggi kadar purin yang dikonsumsi sehari hari sehingga terjadi kelebihan produksi zat asam urat di dalam tubuh. Berikut akan dijelaskan 7 macam komplikasi yang berbahaya bagi penderita asam urat yang dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan yang tepat:

1. Persendian mengalami nyeri dan rasa sakit yang parah, pengkristalan asam urat yang menumpuk pada persendian berbentuk seperti jarum sehingga akan menyebabkan rasa sakit berlebihan ketika menggerakkan persendian tersebut bahkan sampai kesemutan / mati rasa.
2. Pirai, kondisi ini merupakan efek lanjutan dari kristal asam urat yang menumpuk pada persendian menyebar ke bagian bagian sendi kecil dan telapak kaki dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Hal ini merupakan dampak umum yang terjadi ketika mengalami asam urat. Semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi, maka tubuh akan memproduksi asam urat yang banyak pula, hal ini memicu terjadinya pengkristalan dan mengakibatkan nyeri yang tidak tertahankan.
3. Membuat seseorang tidak dapat beraktivitas, gangguan dari rasa nyeri asam urat tentu akan menurunkan produktivitas seseorang karena aktivitasnya terganggu dalam melakukan pekerjaan sehari hari bahkan sampai tidak dapat beraktivitas sama sekali.
4. Asidosis Metabolik, adalah kondisi menurunnya fungsi organ ginjal untuk membuang kandungan asam urat karena terjadi kelebihan kadar asam urat dalam tubuh yang menyebabkan sulit bernafas sehingga frekuensi menarik nafas meningkat, pusing, lemas, dehidrasi, sampai kehilangan kesadaran.
5. Batu Ginjal, kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah akan menyebabkan terjadinya pengendapan dan pengkristalan asam urat terjadi di dalam ginjal yang menjadi batu ginjal. Batu ginjal ini dapat menyebabkan proses pembuangan urine terganggu yang menyumbat saluran kencing sehingga akan terasa nyeri ketika buang air kecil.
6. Gagal Ginjal, kondisi ini merupakan dimana organ ginjal sudah tidak berfungsi secara normal untuk menyaring darah akibat pengkristalan asam urat yang terjadi di dalam ginjal yang menjadi batu ginjal dapat membuat kerja ginjal menjadi lebih berat dan apabila terjadi secara terus menerus maka fungsi ginjal akan menurun yang dapat berakibat fatal. Tentu asam urat tidak boleh dibiarkan begitu saja karena memiliki potensi kematian.

Baca juga informasi tentang obat tradisional asam urat paling manjur dan aman

7. Jantung Koroner, mungkin anda berpikir mengapa penyakit asam urat berhubungan dengan jantung. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa zat asam urat mengalir di dalam darah dan dipompa oleh jantung tentunya zat asam urat ini juga dapat menyumbat pembuluh darah koroner apabila ada plak kolesterol dan ikut mengkristal di pembuluh darah tersebut sehingga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan memunculkan gejala gejala penyakit jantung koroner.

Pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat purin dapat meningkatkan resiko asam urat. Untuk itu terapkan pola makan sehat serta olah raga agar terbebas dari penyakit asam urat.

Itulah 7 komplikasi yang dapat ditimbulkan dari penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

Source : www.healthline.com

Jenis penyakit kanker kelenjar getah bening

Jenis kanker kelenjar getah bening

Jenis kanker kelenjar getah bening

Jenis kanker kelenjar getah bening – Penyakit kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu dari penyakit kanker yang menyerang bagian kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdapat pada bagian dada, bawah leher, ketiak ataupun pada pangkal paha. Penyakit kanker kelenjar getah bening ini terjadi akibat dari gangguan atau melemahnya fungsi kelenjar getah bening akibat dari perkembangan sel kanker tersebut.

Penyakit kelenjar getah bening ini di bagi dua, yaitu :
1. Penyakit limfoma Hodgkin
Jenis penyakit kanker kelenjar getah bening yang pertama adalah limfoma hodgkin. Jenis penyakit limfoma ini pada umumnya terjadi pada jaringan limfoid yang terdapat pada kelenjar limpa. Jenis penyakit limfoma hodgkin ini biasanya terjadi pada pria dengan usia antara 1 hingga 38 tahun atau pada pria diatas 50 tahun. Penyebab dari penyakit ini diakibatkan karena terdapat sel yang abnormal yang membangun jaringan pada kelenjar limfoid ini. Berikut gejala gejala yang akan di alami oleh orang yang menderita penyakit limfoma hodgkin :
1. Terjadi pembengkakak pada daerah daerah seperti bagian leher, lipatan paha, ketiak dan bagian lainnya dimana pembengkakan tersebut akan menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya.
2. Pada beberapa kasus orang yang mengalami masalah penyakit limfoma hodkinakan mengalami masalah bagian dada dan akan membuat penderita menjadi kesulitan dalam bernafas.
3. Mengalami demam yang disertai dengan keluarnya keringat pada malam hari.
4. Napsu makan berkurang yang mengakibatkan penurunan berat badan secara drastis.

2. Penyakit Limfoma Non-Hodgkin
Untuk jenis penyakit kanker kelenjar getah bening yang kedua ini akan terjadi pada seseorang yang mengalami stadium lanjut. Pada stadium lanjut ini sel kanker dapat menyebar ke berbagai kelenjar seperti kelenjar limfoid, hati, limpa bahkan dapat menyebar hingga ke tulang sumsum belakang. Jenis kanker kelenjar getah bening yang kedua ini dapat dikatakan dalam kategori ganas, lebih berbahaya dibanding kan jenis yang pertama. Berikut beberapa gejala yang akan dialami penderita penyakti limfoma non-hodgkin :
1. Terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening.
2. Terjadinya pembesaran adenoid, tonsil, limfonodus yang terdapat pada bagian leher yang akan berubah menjadi kemerahan.
3. Demam tinggi, tubuh mudah merasakan kelelahan.
4. Sering berkeringat pada malam hari.
5. Berat badan tubuh menurun drastis.

Baca juga artikel terkait obat kanker kelenjar getah bening alami

Itu lah sekilas mengenai jenis jenis dari kanker kelenjar getah bening. Kedua nya sangat berbahaya bagi tubuh Cuma memang tingkat keganasannya yang berbeda. Waspadai gejala gejala yang terjadi pada penyakit ini , sehingga anda dapat melakukan penanganan yang cepat dan tepat agar dapat meminimalisi resiko penyakit ini semakin berbahaya. Semoga bermanfaat.

Penyakit Yang Terkait Dengan Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Komplikasi jantung koroner

Komplikasi jantung koroner

Dua jenis penyakit umum diyakini mempunyai resiko paling tinggi untuk menimbulkan gejala PJK adalah tekanan darah tinggi (TDT) dan diabetes. Berikut penjelasannya:

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Istilah tekanan darah berarti tekanan dalam pembuluh nadi dari jantung yang mengalirkan darah keseluruh bagian tubuh. Penyumbatan yang terjadi di dalam pembuluh darah akan menyebabkan tekanan darah pada jantung menjadi tinggi dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar, Hal ini dapat menimbulkan stroke dan serangan jantung. Namun, seringkali tekanan darah tinggi menimbulkan serangan jantung pada orang yang tingkat kolesterolnya tinggi dibanding stroke. Pengobatan tekanan darah tinggi bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah biasanya diukur dibagian atas lengan. Pada setiap detak jantung, tekanan sistolik pada alat pengukur akan naik , lalu jatuh ketitik rendah di antara detak jantung (tekanan diastolik). Tekanan ini diukur dalam millimeter pada air raksa (mmHg). Tekanan darah normal orang sehat saat istrahat adalah 120/70. Tekanan 140/90 adalah ambang batas, sedangkan tekanan 150/100 saat istirahat jelas tinggi.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) ditemukan pada hampir semua bangsa di dunia, khususnya bangsa Afro-Karibia dan warga Amerika berkulit hitam. Di Inggris, hampir 25 persen penduduk berusia diatas 50 tahun mengidap tekanan darah tinggi.

Penyebab tekanan darah tinggi pada kebanyakan orang tidak ketahui. Penyakit ini terdapat pada kebanyakan anggota keluarga dan penderita penyakit ginjal. Celakanya, tekanan darah tinggi sering tidak menunjukan gejala. Karena itulah, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan rutin agar segera mengetahui terkena bila tekanan darah tinggi.

Tekanan tinggi didalam pembuluh nadi akan merusak dindingya dan merangsang timbulnya atheroma. Jantung juga harus bekerja lebih keras untuk memompa darah yang bertekanan tinggi tanpa suplai oksigen yang mencukupi. Hal ini meningkatkan kemungkinan orang terkena angina atau serangan jantung. Tekanan darah tinggi juga meningkatkan resiko terjadinya stroke akibat kerusakan yang ditimbulkannya pada pembuluh darah di otak.

Kencing Manis (Diabetes)
Penyebabnya adalah kekurangan atau resistensi terhadap hormon insulin yang mengontrol penyebaran glukosa ke sel sel di seluruh tubuh melalui aliran darah.

Diabetes bisa menimpa setiap kelompok usia, termasuk anak –anak. Semakin muda usia penderita, semakin besar kemungkinannya ia butuh suntikan insulin untuk mengontrolnya. Banyak juga yang baru mendapatkannya pada usia pertengahan atau usia lanjut, dan jika hal ini terjadi, ada beberapa gejala yang dapat dikontrol dengan diet atau tablet. Tujuan pengobatannya adalah mengontrol tingkat glukosa dalam darah hingga mendekati tingkat yang normal. Namun demikian , meskipun diobati, diabetes dapat meningkatkan resiko gangguan dalam peredaran darah, termasuk PJK. Bagi wanita, hal ini sangat penting karena penyakit ini dapat melawan daya perlindungan dari hormon hormon wanita, dan hampir sama banyaknya wanita dengan pria penderita diabetes mengalami PJK.

Baca juga artikel terkait mengenai obat alami jantung koroner paling ampuh

Kontrol yang baik terhadap diabetes dengan diet, tablet, atau insulin dapat mengurangi timbulnya masalah pada aliran darah dan jantung. Sebaliknya , jika tidak terkontrol, diabetes bisa meningkatkan kadar lemak dalam darah, termasuk kolestrol tinggi, dan seseorang penderita diabetes mungkin perlu minum obat tambahan untuk mengontrolnya.

Pengertian Mengenai Penyakit Tuberkulosis / TBC

Penyakit menular yang bernama Tuberkulosis / TBC ini adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium Tuberkulosis, pada umumnya bakteri ini mengganggu gangguan pernafasan atau organ paru-paru.

Penularan dari orang yang sakit ke orang yang sehat sangatlah mudah yakni  dari bersin ataupun batuk penderita positif tbc yang terbang  melalui udara dan secara tak sengaja terhirup orang yang sehat, maka dapat dipastikan sejak dari awal mula terhirupnya bakteri TBC tersebut orang sehat tadi telah terinfeksi TBC. Namun bakteri TBC tersebut belum tentu memberikan gejala atau gangguan kesehatan yang berarti dikarnakan jika kekebalan tubuh atau imunitas orang tadi masih kuat maka bakteri TBC tadi masih dalam kondisi tidak aktif, justru sebaliknya jika kondisi orang tersebut imunnya lemah atau drop maka bakeri TBC akan aktif dan memberikan efek gangguan kesehatan yang cukup serius.

Penyakit yang mulai mencuat  sejak dari tahun 80’ an ini bisa memicu penyakit hiv aids dikarnakan ketika kekebalan tubuh melemah  begitu juga sebaliknya ketika seseorang telah terkena penyakit hiv maka dirinya juga rentan terkena infeksi dari bakteri tuberculosis. Dinegara maju sendiri penyakit tbc ini sudah jarang dtemukan dan masih banyaknya penderita tbc yang ditemukan didaerah-dearah terpencil di negara miskin ataupun negara berkembang  hal ini bisa dipastikan  oleh karena sarana ataupun kebersihan lingkungan penderita tinggal kurang bersih atau tidak terawat hingga bakteri dari Mycobacterium Tuberkulosis ini berkembang biak dengan cepat.

Memasuki tahun 2013 penderita dari penyakit tuberculosis ini telah mencapai 9.000.000 juta penderita dan sebanyak lebih dari 1.500.000 meninggal dunia, sebagian diantaranya penderita yang termasuk dalam kategori penghasilan minim atau miskin.

Pengobatan terhdapa penyakit tb atau  tuberculosis ini diperlukan disiplin tinggi dan penggunaan obat-obatan yang tepat dikarnakan penggunaan dan  perawatan yang salah atau kurang tepat hanya akan menambah bakteri Tb menjadi resisten atau kebal terhadap obat tersebut hingga lama kelamaan peyakit tersebut akan lebih sulit untuk dihilangkan dan disingkirkan dan dikenal juga sebagai TB MDR. Seperti yang diketahui jika reaksi dari obat TB ini cukup keras sehingga penggunaan obat kimia dalam jangka waktu lama dapat merusak fungsi  organ ginjal maupun organ tubuh yang lainnya.

Bahaya merokok seringkali dikaitkan dengan bahaya penyakit jantung, namun ada juga bahaya lainnya yang berasal dari rokok  yaitu bahaya terinfeksi bakteri TB, setidaknya seperlima penderita  TBC di seluruh dunia ini terkait dengan kebiasaan buruk merokok dalam jangka waktu yang lama. Selalu mewaspadai bahaya tuberculosis dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta selalu memakai masker jika mengetahui sedang berada di keramaian yang diduga adanya penderta TBC disana. Gejala penyakit TBC ini biasanya ditandai dengan penderita mengalami batuk-batuk yang disertai dengan terdapatnya bercak darah yang berada pada cairan lendir / dahak.
Sumber :  http://www.who.int/