Jenis penyakit kanker kelenjar getah bening

Jenis kanker kelenjar getah bening

Jenis kanker kelenjar getah bening

Jenis kanker kelenjar getah bening – Penyakit kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu dari penyakit kanker yang menyerang bagian kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdapat pada bagian dada, bawah leher, ketiak ataupun pada pangkal paha. Penyakit kanker kelenjar getah bening ini terjadi akibat dari gangguan atau melemahnya fungsi kelenjar getah bening akibat dari perkembangan sel kanker tersebut.

Penyakit kelenjar getah bening ini di bagi dua, yaitu :
1. Penyakit limfoma Hodgkin
Jenis penyakit kanker kelenjar getah bening yang pertama adalah limfoma hodgkin. Jenis penyakit limfoma ini pada umumnya terjadi pada jaringan limfoid yang terdapat pada kelenjar limpa. Jenis penyakit limfoma hodgkin ini biasanya terjadi pada pria dengan usia antara 1 hingga 38 tahun atau pada pria diatas 50 tahun. Penyebab dari penyakit ini diakibatkan karena terdapat sel yang abnormal yang membangun jaringan pada kelenjar limfoid ini. Berikut gejala gejala yang akan di alami oleh orang yang menderita penyakit limfoma hodgkin :
1. Terjadi pembengkakak pada daerah daerah seperti bagian leher, lipatan paha, ketiak dan bagian lainnya dimana pembengkakan tersebut akan menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya.
2. Pada beberapa kasus orang yang mengalami masalah penyakit limfoma hodkinakan mengalami masalah bagian dada dan akan membuat penderita menjadi kesulitan dalam bernafas.
3. Mengalami demam yang disertai dengan keluarnya keringat pada malam hari.
4. Napsu makan berkurang yang mengakibatkan penurunan berat badan secara drastis.

2. Penyakit Limfoma Non-Hodgkin
Untuk jenis penyakit kanker kelenjar getah bening yang kedua ini akan terjadi pada seseorang yang mengalami stadium lanjut. Pada stadium lanjut ini sel kanker dapat menyebar ke berbagai kelenjar seperti kelenjar limfoid, hati, limpa bahkan dapat menyebar hingga ke tulang sumsum belakang. Jenis kanker kelenjar getah bening yang kedua ini dapat dikatakan dalam kategori ganas, lebih berbahaya dibanding kan jenis yang pertama. Berikut beberapa gejala yang akan dialami penderita penyakti limfoma non-hodgkin :
1. Terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening.
2. Terjadinya pembesaran adenoid, tonsil, limfonodus yang terdapat pada bagian leher yang akan berubah menjadi kemerahan.
3. Demam tinggi, tubuh mudah merasakan kelelahan.
4. Sering berkeringat pada malam hari.
5. Berat badan tubuh menurun drastis.

Baca juga artikel terkait obat kanker kelenjar getah bening alami

Itu lah sekilas mengenai jenis jenis dari kanker kelenjar getah bening. Kedua nya sangat berbahaya bagi tubuh Cuma memang tingkat keganasannya yang berbeda. Waspadai gejala gejala yang terjadi pada penyakit ini , sehingga anda dapat melakukan penanganan yang cepat dan tepat agar dapat meminimalisi resiko penyakit ini semakin berbahaya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *