7 Komplikasi Berbahaya Asam Urat Yang Tidak Disadari

Komplikasi akibat asam urat

Komplikasi akibat asam urat

Siapa sangka penyakit sejuta umat yang dianggap tidak berbahaya ini ternyata memiliki potensi yang membahayakan bagi kesehatan penderitanya? Memang banyak orang yang menganggap remeh nyeri asam urat adalah hal yang lumrah padahal itu merupakan pertanda atas reaksi tubuh yang membutuhkan perawatan dan penanganan yang tepat sebelum terjadi komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya. Penyakit ini merupakan suatu kondisi terjadinya penumpukan zat asam urat pada persendian yang menyebabkan radang dan rasa nyeri karena ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kelebihan zat asam urat yang berasal dari makanan tinggi kadar purin yang dikonsumsi sehari hari sehingga terjadi kelebihan produksi zat asam urat di dalam tubuh. Berikut akan dijelaskan 7 macam komplikasi yang berbahaya bagi penderita asam urat yang dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan yang tepat:

1. Persendian mengalami nyeri dan rasa sakit yang parah, pengkristalan asam urat yang menumpuk pada persendian berbentuk seperti jarum sehingga akan menyebabkan rasa sakit berlebihan ketika menggerakkan persendian tersebut bahkan sampai kesemutan / mati rasa.
2. Pirai, kondisi ini merupakan efek lanjutan dari kristal asam urat yang menumpuk pada persendian menyebar ke bagian bagian sendi kecil dan telapak kaki dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Hal ini merupakan dampak umum yang terjadi ketika mengalami asam urat. Semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi, maka tubuh akan memproduksi asam urat yang banyak pula, hal ini memicu terjadinya pengkristalan dan mengakibatkan nyeri yang tidak tertahankan.
3. Membuat seseorang tidak dapat beraktivitas, gangguan dari rasa nyeri asam urat tentu akan menurunkan produktivitas seseorang karena aktivitasnya terganggu dalam melakukan pekerjaan sehari hari bahkan sampai tidak dapat beraktivitas sama sekali.
4. Asidosis Metabolik, adalah kondisi menurunnya fungsi organ ginjal untuk membuang kandungan asam urat karena terjadi kelebihan kadar asam urat dalam tubuh yang menyebabkan sulit bernafas sehingga frekuensi menarik nafas meningkat, pusing, lemas, dehidrasi, sampai kehilangan kesadaran.
5. Batu Ginjal, kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah akan menyebabkan terjadinya pengendapan dan pengkristalan asam urat terjadi di dalam ginjal yang menjadi batu ginjal. Batu ginjal ini dapat menyebabkan proses pembuangan urine terganggu yang menyumbat saluran kencing sehingga akan terasa nyeri ketika buang air kecil.
6. Gagal Ginjal, kondisi ini merupakan dimana organ ginjal sudah tidak berfungsi secara normal untuk menyaring darah akibat pengkristalan asam urat yang terjadi di dalam ginjal yang menjadi batu ginjal dapat membuat kerja ginjal menjadi lebih berat dan apabila terjadi secara terus menerus maka fungsi ginjal akan menurun yang dapat berakibat fatal. Tentu asam urat tidak boleh dibiarkan begitu saja karena memiliki potensi kematian.

Baca juga informasi tentang obat tradisional asam urat paling manjur dan aman

7. Jantung Koroner, mungkin anda berpikir mengapa penyakit asam urat berhubungan dengan jantung. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa zat asam urat mengalir di dalam darah dan dipompa oleh jantung tentunya zat asam urat ini juga dapat menyumbat pembuluh darah koroner apabila ada plak kolesterol dan ikut mengkristal di pembuluh darah tersebut sehingga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan memunculkan gejala gejala penyakit jantung koroner.

Pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat purin dapat meningkatkan resiko asam urat. Untuk itu terapkan pola makan sehat serta olah raga agar terbebas dari penyakit asam urat.

Itulah 7 komplikasi yang dapat ditimbulkan dari penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

Source : www.healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *