Pengertian Mengenai Penyakit Tuberkulosis / TBC

Penyakit menular yang bernama Tuberkulosis / TBC ini adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium Tuberkulosis, pada umumnya bakteri ini mengganggu gangguan pernafasan atau organ paru-paru.

Penularan dari orang yang sakit ke orang yang sehat sangatlah mudah yakni  dari bersin ataupun batuk penderita positif tbc yang terbang  melalui udara dan secara tak sengaja terhirup orang yang sehat, maka dapat dipastikan sejak dari awal mula terhirupnya bakteri TBC tersebut orang sehat tadi telah terinfeksi TBC.

Namun bakteri TBC tersebut belum tentu memberikan gejala atau gangguan kesehatan yang berarti dikarnakan jika kekebalan tubuh atau imunitas orang tadi masih kuat maka bakteri TBC tadi masih dalam kondisi tidak aktif, justru sebaliknya jika kondisi orang tersebut imunnya lemah atau drop maka bakeri TBC akan aktif dan memberikan efek gangguan kesehatan yang cukup serius.

Penyakit yang mulai mencuat  sejak dari tahun 80’ an ini bisa memicu penyakit hiv aids dikarnakan ketika kekebalan tubuh melemah  begitu juga sebaliknya ketika seseorang telah terkena penyakit hiv maka dirinya juga rentan terkena infeksi dari bakteri tuberculosis.

Di negara maju sendiri penyakit tbc ini sudah jarang dtemukan dan masih banyaknya penderita tbc yang ditemukan didaerah-dearah terpencil di negara miskin ataupun negara berkembang  hal ini bisa dipastikan  oleh karena sarana ataupun kebersihan lingkungan penderita tinggal kurang bersih atau tidak terawat hingga bakteri dari Mycobacterium Tuberkulosis ini berkembang biak dengan cepat.

Memasuki tahun 2013 penderita dari penyakit tuberculosis ini telah mencapai 9.000.000 juta penderita dan sebanyak lebih dari 1.500.000 meninggal dunia, sebagian diantaranya penderita yang termasuk dalam kategori penghasilan minim atau miskin.

Pengobatan terhdapa penyakit tb atau  tuberculosis ini diperlukan disiplin tinggi dan penggunaan obat-obatan yang tepat dikarnakan penggunaan dan  perawatan yang salah atau kurang tepat hanya akan menambah bakteri Tb menjadi resisten atau kebal terhadap obat tersebut hingga lama kelamaan penyakit tersebut akan lebih sulit untuk dihilangkan dan disingkirkan dan dikenal juga sebagai TB MDR. Seperti yang diketahui jika reaksi dari obat TB ini cukup keras sehingga penggunaan obat kimia dalam jangka waktu lama dapat merusak fungsi  organ ginjal maupun organ tubuh yang lainnya.

Bahaya merokok seringkali dikaitkan dengan bahaya penyakit jantung, namun ada juga bahaya lainnya yang berasal dari rokok  yaitu bahaya terinfeksi bakteri TB, setidaknya seperlima penderita  TBC di seluruh dunia ini terkait dengan kebiasaan buruk merokok dalam jangka waktu yang lama.

Selalu mewaspadai bahaya tuberculosis dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta selalu memakai masker jika mengetahui sedang berada di keramaian yang diduga adanya penderta TBC disana. Gejala penyakit TBC ini biasanya ditandai dengan penderita mengalami batuk-batuk yang disertai dengan terdapatnya bercak darah yang berada pada cairan lendir / dahak.

Baca Info Penting Mengenai Obat Herbal TBC Terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *